Saturday, May 25, 2013

Cara Mengetahui Dominan Mana ? Antara Otak Kanan atau Kiri Anda


Buat kamu yang ingin tahu lebih dominan mana antara otak kanan dan otak kiri, maka anda harus mengetahui fungsi dari otak kanan dan otak kiri manusia terlebih dahulu. Karena otak kiri dan otak kanan memiliki perbedaan yang sangat jauh, banyak sekali perbedaan diantar keduanya.

Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Proses berpikir otak kiri secara umum yaitu :Logis, Sekuensial, Linear, Rasional, dan Sistematis.

Otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.

Dari perbedaan fungsi diatas anda bisa tahu dominan mana antara otak kiri atau otak kanan, sesuai dengan fungsi yang biasa anda gunakan dalam berpikir. Belahan otak mana yang lebih baik? Keduanya baik. Setiap belahan otak punya fungsi masing-masing yang penting bagi kelangsungan hidup manusia.
Akan tetapi, menurut penelitian, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Hal ini disebabkan oleh pendidikan formal (sekolah dan kuliah) lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri dan hanya sedikit mengembangkan otak kanan.

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang dominan otak kanan atau dominan otak kiri. Misalnya dengan melihat perilaku sehari-hari, cara berpakaian, dengan mengisi kuisioner yang dirancang khusus atau dengan peralatan Electroencephalograph yang bisa mengamati bagian otak mana yang paling aktif.

Cara lain yang lebih canggih adalah dengan Electroencephalography(EEG) yaitu suatu pemeriksaan aktivitas gelombang listrik otak yang direkam melalui elektroda-elektroda pada kulit kepala.
Amplitudo dan frekuensi EEG bervariasi, tergantung pada tempat dan aktivitas otak saat perekaman. EEG mengacu padarekaman aktivitas listrik otak spontan selama periode waktu yang singkat, biasanya 20-40 menit.

Pada bidang neurologi, aplikasi diagnostik utama EEG digunakan dalam kasus pasien denganepilepsi.Kulit kepala berpotensi memproduksi listrik arus ion ekstraseluler melalui aktivitaslistrik dengan sinyal magnetoencephalographic yang  selanjutnya berhubungan dengan arus ionintraseluler.

So semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua, bermanfaat bagi kami maupun anda sebagai pembaca. Kami ucapkan banyak terimakasih telah mengunjungi situs ini, jika ada kritik atau saran silahkan poskan dikotak komentar untuk menyempurnakan situs ini.

Referensi lengkapnya lihat disini

1 comments:

  1. Makasih atas infonya mengenai cara mengetahui dominan kerja otak.

    Mohon kunjungannya.
    http://jamil21.blogspot.com/2012/10/optimalkan-kerja-otak-kanan-dan-kiri.html

    ReplyDelete

 
Copyright © . Rahasia Otak Jenius - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger