Sunday, February 10, 2013

Jadikan Matematika Pelajaran Termudah untuk Anak Anda


Sampai saat ini, salah satu pelajaran di sekolah yang masih menjadi momok menakutkan bagi anak-anak adalah matematika. Padahal, jika dilihat secara menyeluruh, matematika memiliki kaitan erat dengan kehidupan sehari-hari.

Untuk para orangtua, menguasai matematika adalah hal yang sangat penting untuk masa depan si buah hati. Anak-anak Anda akan selalu mencari bantuan apabila ada pekerjaan rumah yang berkaitan erat dengan matematika.

Seperti dilansir family education, Jumat (8/2/2013) ada beberapa cara untuk membantu Anda memberikan pemahaman yang jelas soal matematika itu sendiri.

1. Pastikan anak Anda memahami konsep matematika

Jika anak Anda tidak memahaminya, matematika akan menjadi latihan yang hanya sekedar menghafal aturan dan melakukan latihan untuk hafalan.

Untuk itu, selain menambahkan tumpukan blok-blok untuk mengajarinya berhitung, pastikan dulu dia memahami konsep dasar matematika dan itu wajib untuk Anda memberitahunya.

2. Bantu anak Anda menguasai fakta-fakta dasar

Pengusaan fakta-fakta dasar berarti anak-anak Anda dapat memberikan jawaban dalam waktu kurang dari tiga detik. Gunakan kartu berwarna untuk membantu anak-anak Anda mempelajari fakta-fakta dasar.

Ketika ia tidak tahu jawabannya, mintalah kepada anak Anda menggunakan objeknya untuk memecahkan masalah.

3. Ajarkan anak Anda untuk menulis penjumlahan dengan rapi

Dua puluh lima persen dari semua kesalahan dalam memecahkan masalah matematika dapat ditelusuri kembali kepada tulisannya yang tidak rapi.

Mintalah kepada anak Anda untuk melacak angka-angka yang telah Anda tulis. Berikan saran padanya menggunakan kertas untuk menjaga angka dalam kondisi rapi.

4. Berikan batuan segera kepada anak Anda ketika ia membutuhkannya

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di mana segala sesuatu dibangun berdasarkan apa yang telah dipelajari sebelumnya.

Misalnya, kegagalan untuk memahami konsep yang menyebabkan masalah dengan sangat maksimal. Jika seorang guru tidak dapat membantu anak-anak Anda, sediakan bantuan diri atau memanggil guru les ke rumah Anda.

5. Tunjukkan pada anak Anda bagaimana menangani pekerjaan rumah matematikanya

Mengerjakan pekerjaan rumah mata pelajaran matematika memperkuat keterampilan anak-anak Anda belajar di kelas.

Ajarkan pada anak-anak Anda untuk memulai setiap tugas dengan cara mempelajari soal dan pembahasan yang berasal dari buku. Kemudian, minta padanya untuk mengulang contoh tersebut sebelum memulai tugasnya untuk memastikan bahwa anak Anda memahami pelajaran tersebut.

6. Bantulah anak Anda mempelajari tata bahasa matematika

Anak-anak tidak akan pernah mendapatkan perasaan yang nyata untuk mata pelajaran matematika atau mempelajari konsep-konsep yang lebih maju tanpa pemahaman kosa kata.

Periksalah bahwa anak Anda dapat mendefinisikan istilah-istilah baru. Jika tidak, minta anak-anak Anda menggunakan model dan masalah sederhana untuk menunjukkan kepada anak-anak Anda memahami bagaimana istilah tersebut digunakan.

7. Jadikan matematika bagian dari kehidupan sehari-hari anak Anda

Matematika akan menjadi lebih berarti ketika anak Anda melihat betapa pentingnya matematika di dalam kehidupannya. Mendorong anak Anda untuk menggunakan matematika dengan yang praktis.

Referensi : http://health.liputan6.com/read/507437/jadikan-matematika-pelajaran-termudah-untuk-anak-anda

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Rahasia Otak Jenius - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger