Friday, October 26, 2012

10 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Tanpa Batas

Olahraga otak sama pentingnya dengan olahraga tubuh. Dengan olahraga otak, akan terbentuk saraf baru yang dapat melindungi terhadap gejala demensia atau kepikunan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk olahraga otak:
1. Membiasakan aktif menjadi kidal dan juga kanan
Lakukan tugas dengan tangan non-dominan, jika biasanya dominan tangan kanan maka gunakan tangan kiri (kidal) dan sebaliknya. Contohnya saat menggunakan mouse komputer, menyikat gigi dan mengikat sepatu dengan arah yang berlawanan. Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.

2. Membaca
Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi. Dan menurut studi Dr. Nikolaos Scarmeas pada tahun 2001, membaca dapat membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya demensia.

3. Bermain puzzle atau teka-teki silang
Teka-teki silang, puzzle, Sudoku dan jenis puzzle lainnya, dapat melatih otak khususnya otak kiri, menurut pusat pelatihan kognitif Learning Rx. Tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa.

4. Bermain permainan strategi
Permainan strategi seperti catur, monopoli atau game komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.

5. Ubah rutinitas
Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.

6. Belajar bahasa asing
Dengan belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak Anda mulai berbicara. Sebuah studi tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

7. Menikmati musik
Selain mendengarkan musik, belajar juga untuk memainkan instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.

8. Latihan fisik
Latihan fisik juga dapat meningkatkan kesehatan otak, karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Menurut Stanford Center on Longevity dan The Max Planck Institute for Human Development, latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.

9. Hidup sosial
Otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan sosial Anda, misalnya dengan mengunjungi teman. Sebuah studi 2006 oleh Dr David Bennett dari Rush University Medical Center menemukan bahwa memiliki jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.

10. Mencari hobi baru
Tantang otak untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda bukan seniman, cobalah untuk belajar melukis atau memahat. Jika Anda bisa bermain piano, belajarlah memainkan gitar. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.

5 comments:

  1. kereeeeeeeen. thanks a lot for it knowledge ^-^

    ReplyDelete
  2. thank you so much
    kalau punya artikel mengenai otak manusia, silahkan dishare disini

    ReplyDelete
  3. Bahas soal-soal Psikotes seperti Test Iq, Warteg test, Tes koran/ pauli, Tes verbal, Baum test, Draw a man test, dan lain-lain.
    Download soal dan software psikotest gratis

    ReplyDelete
  4. gan, kalo bersepeda apa bisa juga untuk meningkatkan kapasitas otak?mksh

    ReplyDelete
  5. Bismillah...artikel diatas keren dan sy menambahkan satu rahasia..
    Saya tawarkan kpd anda induk kunci
    semua teori pengembangan diri dan
    peningkatan otak dan kinerjanya. Ini
    merupakan induk kunci dr segala jenis
    pemahaman, the screet the law of
    atraction, meningkatkan kinerja otak
    kanan, tengah kiri atas bawah dsb. he
    he he.. Manfaat yg anda rasakan tak
    mungkin dapat di urai satu persatu,
    dan itu tergantung keikhlasan anda
    menerima informasi dan kpribadian
    anda sendri, tiap org bisa berbeda
    beda, krn tergantunh sikap nya, kalau
    yg berpikiran keras dan bergaya hidup
    keras maka harus melegakan dulu
    segala ke aku an nya kalau mau
    maksimal.. Silahkan anda searc di
    google begitu banyak manfaat tentang
    peningkatan otak tengah, membuka
    gerbang rezi dgn bawah sadar,
    meningkatkan kemampuan otak, lebih
    intuitif dan tajam dan lain lain dan lain
    lain…. Dan penjelasan penjelasan yg
    anda temui di google itu ini adalah
    sumber yg menjadi kuncinya sebelum
    ia terpecah dan terurai menjadi
    berbagai penjelasan utk tujuan dan
    fungsinya masing2. Bahkan insya allah dengan anda menigkuti langkah langkah yg saya sampaikan, jika anda mempunyai maslah fisik ataupun mental, ringan atupun parah isya allah bs berkurang atau mungkin sembuh... Insya allah (kita sama sama berharap pada allah) masalah2 tsb mungkin sakit kepala, menahun atau sebentar, migrain parah ataupun tidak, pelupa, stress, kanker otak... Insya allah...! Meskipun kanker otak saudar sudah stadium akhir..., jika allah mengkehendaki saudar sembuh tak ada yg sulit bagi allah, kita semua sama sama berharap kpd nya. Saya sampaikan kpd saudar memasuki realitasnya langsung, di samping email email sy yg akan membantu saudara membuka pemahaman, dan insya allah semua mengarah ke lebih baik. (Khusus utk saudaraku yg menderita penyakit kronis di otak sy email sy dan ceritakan masalahnya, dan derita yg sau dara rasakan, dan vonis dokter. Insya allah sy bantu semampu sy..) saya tidak main2,
    terlalu kecil dunia ini kalau sy cuma mau
    menipu kalian… Tapi saya juga tidak
    menawarkan ini gratis, bantu sy utk
    waktu dan energi yg sy habis demi
    penjelasan utk kalian semua.. Jgn bermaksud membeli, krn ilmu, pemahaman bukan di wilayah jual beli, rezky sangkutnya kemana, ilmu sangkutnya kemana.. Adalah dua tempat yg berbeda, harap jgn rancu dalam keyakinan sudara antara ilmu (hidayah) dan rezky. Dan cara yg akan sy jelaskan ini juga bAgus buat anak2 utk meningkatkan potensi otak mereka iq, eq, dan sq nya. Lebih
    lengkap add me
    0zkyhanaf1@axis.blackberry.com pin
    29B2128C
    Hypnoilmiah@gmail.com
    Al hamdulillah..

    ReplyDelete

 
Copyright © . Rahasia Otak Jenius - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger