Sunday, July 1, 2012

Pilih Otak Kiri atau otak Kanan ?

Add caption
Setiap manusia yang terlahir didunia ini pasti memiliki bakatnya masing-masing, yang sesuai dengan dominasi kemapuan otaknya entah yang belahan kanan atau belahan kiri.

Berikut cerita yang cukup unik Jika anda seorang penggemar serial detektif, mungkin anda pernah menonton serial TV Monk, yang berkisah tentang sepak terjang seorang detektif hebat bernama Adrian Monk, yang punya kemampuan memecahkan kasus-kasus rumit.
Hal-hal sepele yang biasanya luput dari pengamatan orang justru dijadikan oleh Monk sebagai petunjuk penting dalam memecahkan kasus. Namun dibalik itu, perilaku dan perangai Monk sendiri, sering dianggap aneh bagi orang-orang sekitarnya.

Tokoh Adrian Monk adalah contoh bagaimana orang yang sangat dominan otak kanan dalam bekerja. Orang-orang seperti Adrian Monk sangat mungkin kita temui dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidangnya masing-masing, bahkan bisa jadi adalah orang dekat kita sendiri.

Untuk menelaah lebih lanjut mengenai manfaat belahan kiri dan kanan, mungkin lebih jelasnya akan dilihat dari perbedaan yang mencolok dari kedua belan otak manusia itu. Karena perbedaan-perbedaan yang mencolok pada diri manusia itu sendiri yang akan mencerminkan kemampuannya. Untuk itu berikt ulasan mengenai perbedaan dari otak kiri dan kanan:

1.     Orang yang dominan otak kiri biasanya sukses di ruang kelas yang melibatkan banyak MENDENGAR. Mereka senang membicarakan dan menuliskan segalanya. Mereka lebih mudah memahami aturan mengeja, tata bahasa, dan tanda baca.

Orang yg menggunakan otak kiri cenderung sangat baik dalam situasi ujian yang ditentukan batas waktunya dan dalam memecahkan masalah yg melibatkan logika berurutan. Mereka lebih suka proyek kelompok daripada bekerja sendirian.

Menurut orang2 otak kiri, dunia ini seolah2 punya MANUAL BOOK dimana segala sesuatu berjalan dan berfungsi sesuai urutan2 di MANUAL BOOK itu. Orang-orang dominan otak kiri rata-rata sukses di bidang akademis, yang menuntut jawaban ujian akademik yang sistematis, teratur, dan sesuai buku literatur.

2.     Orang yang dominan otak kanan biasanya punya daya ingat visual yg sangat baik, namun karena itu secara alami mengurangi kemampuan untuk tugas-tugas logis yg kadang dianggap sepele oleh sebagian orang, terutama menyangkut bahasa.

Mereka cenderung punya keterlambatan dalam hal berbicara dibandingkan dengan anak-anak seusia mereka. Orang yang cenderung otak kanan unggul dalam dunia gambar, namun kurang bagus dalam dunia kata-kata, dimana sayangnya, sekolah kita adalah DUNIA KATA-KATA.

Anak otak kanan cenderung akan sulit belajar membaca dan mengeja kata secara konvensional seperti yg diajarkan di sekolah, karena mereka melihat kata sebagai satu kesatuan gambar, bukan rangkaian huruf seperti yg lazimnya anak yg dianggap lebih "normal".

        Fungsi otak kiri terutama mengendalikan aktivitas yang bersifat teratur, berurutan, rinci, sistematis, dan matematis. Otak kanan mengendalikan aktivitas yang bersifat berfikir divergen (meluas), imajinasi, ide-ide, kretivitas, emosi, musik, spiritual, intuisi, abstrak, bebas, dan simultan.
otak kiri manusia lebih aktif bekerja. Sementara saat tidur, otak kananlah yang lebih aktif bekerja. Kedua belah otak ini, akan selalu bekerja dukung mendukung.

                               

2 comments:

  1. Aku pikir sama2 pentingnya..tapi manusia memang mempunyai kecenderungan di otak kiri atau kananya yang dominan. Saya sendiri sih cenderung domina otak kiri. Saya susah menghapal kata2 tapi cepat sekali menghapal tuts piano (tanpa melihat not balok).Tapi bidang pekerjaan saya adalah sesuatu ang linear..ya..karena tuntutan akademik sejak kecil..tapi saya pikir, yang seimbang itu lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Maaf salah..saya cenderung dominan otak kanan.karena susah sekali menghapal kata2 kerika sekolah..tapi saya cpt sekali menghapal tuts piano dalanm memainkan lagu..

    ReplyDelete

 
Copyright © . Rahasia Otak Jenius - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger