Sunday, July 1, 2012

Perkembangan Otak Manusia dari Balita sampai Lansia

Perkembangan otak terhenti selepas usia lima. Mulai usia 20, sel-sel otak mulai mengalami penyusutan bahkan kerusakan. Tak heran jika semakin bertambah usia, kemampuan berpikir pun menurun. Anda bisa mencegah penurunan kinerja otak yang memengaruhi kecerdasan, dengan mestimulasinya.
"Perkembangan otak, dimulai dari bayi dalam kandungan hingga ia berusia lima. Selepas usia tersebut perkembangan otak terhenti, bahkan mulai usia 20 akan terjadi penyusutan sel-sel di dalamnya. Dalam keadaan normal, ketika orang tersebut memasuki usia 60, penyusutan sel otak terjadi sekitar satu persen per tahunnya," jelas neurologist yang mendalami ilmu saraf dan otak, dr Roul Sibarani, SpS.

Banyak cara menstimulasi otak, salah satunya adalah menari. Rupanya, menari bukan semata aktivitas fisik yang membuat tubuh bergerak dan melancarkan peredaran darah juga oksigen dalam tubuh. Menari juga memengaruhi fungsi otak, menstimulasinya sehingga dapat berfungsi dengan normal.

Menyadari manfaat menari punya pengaruh besar kepada fungsi otak, produk minuman bernutrisi FitActive dari OT Group menggelar rangkaian kegiatan menyasar kalangan muda usia 15-25. Dance Out Loud menjadi kegiatan yang dipilih untuk mengajak anak muda, menstimulasi otaknya. Kompetisi dance modern ini memasuki tahapan semi final dan grand final di Jakarta, 22-24 Juni di Tribeca Park, Central Park Mall, Jakarta Barat.

"Saat ini Dance Out Loud masih digelar untuk Jabodetabek. Sepanjang 2012, kegiatan ini akan ada di 4-5 kota seluruh Indonesia," jelas Yuna Eka Kristina, Public Relations Manager OT Group kepada Kompas Female seusai jumpa pers di Brussels Spring, Central Park, Jakarta, Jumay (22/6/2012).

Menurut Yuna, kegiatan Dance Out Loud merupakan kelanjutan dari program serupa pada 2011, yakni ajakan kepada masyarakat untuk aktif bergerak. Kali ini, sasarannya fokus pada anak muda berdasarkan kekhawatiran yang muncul karena anak-anak banyak "dimudahkan" dengan aktivitas pasif menggunakan gadget dan kecanggihan teknologi lainnya.

"Melatih otak dengan cara menyenangkan, ini menjadi tujuan kegiatan ini," tutur Yuna menambahkan dance dipilih karena cocok untuk anak muda, selain juga memiliki dampak besar terhadap stimulasi otak.

Dr Roul mengatakan agar otak dapat berfungsi dengan baik, otak harus dilatih. Salah satunya dengan sinkronisasi gerakan. Sebenarnya stimulasi otak bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti jalan kaki atau jogging, namun bila tubuh dilatih dengan gerakan kompleks seperti yang didapati pada tarian, tentu dampaknya juga lebih optimal terhadap otak.

Varian baru

Selain mengajak masyarakat aktif bergerak, gerakan aktif bergerak ala FitActive ini sekaligus juga mengingatkan kebutuhan nutrisi.  Bagaimana pun aktivitas fisik juga perlu dibarengi asupan nutrisi yang lengkap. Kebutuhan tubuh akan lemak, protein, mineral dan vitamin penting untuk dipenuhi setiap hari.

Yuna mengatakan, minuman bernutrisi bisa membantu memenuhi kebutuhan ini. Ia menambahkan, FitActive mengandung 16 nutrisi yakni Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E, Kalsium, Phoporus, Iron, Magnesium, Sodium, Potasium. Untuk menambah asupan nutrisi pada minuman, FitActive kini tersedia dalam varian baru dengan kandungan yoghurt, jus buah dan sayur. Tiga varian baru terdiri atas FitActive Orange Immuno, Grape Antioxidant, dan Fruit Salad Fiber.

Referensi : KOMPAS.com

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Rahasia Otak Jenius - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger